Ilustrasi Dr. Ir. Ridwang, S.Kom., M.T., Raih Gelar Doktor dengan Desertasi Inovatif: "Sistem Penerjemah Pola Bahasa lsyarat Dinamis Berbasis Deep Learning"

Dr. Ir. Ridwang, S.Kom., M.T., Raih Gelar Doktor dengan Desertasi Inovatif: "Sistem Penerjemah Pola Bahasa lsyarat Dinamis Berbasis Deep Learning"

Gowa, 27 Desember 2023 -Dr. Ir. Ridwang, S.Kom., M.T., berhasil memperoleh gelar Doktor dalam bidang Teknik Elektro melalui sidang promosi yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 27 Desember 2023. Dengan judul disertasinya, "Sistem Penerjemah Pola Bahasa lsyarat Dinamis Berbasis Deep Learning," Ridwang mengambil inisiatif ini dengan tujuan membantu tuna rungu yang terbatas dalam berkomunikasi di luar lingkungannya.

Sidang promosi ini digelar mulai pukul 09.00 WITA hingga selesai, bertempat di JK CSA Building LT-4 (Lantai 3) Kampus Teknik UNHAS-Gowa. Prof. Dr. Eng.Ir Syafaruddin, S.T., M.Eng. IPU, menjadi promotor utama dalam proses promosi ini, dengan Dr. Ir. Amil Ahmad Ilham, S.T., M.IT, dan Dr. Ir. Ingrid Nurtanio, M.T., sebagai ko-promotor.

Sebelum meraih gelar Doktor, Dr. Ir. Ridwang, S.Kom., M.T., telah memperoleh gelar Insinyur pada Wisuda Program Sarjana, Vokasi, Magister, Doktor, Spesialis, dan Profesi untuk Periode Wisuda Desember Tahun Akademik 2022/2023 pada tanggal 21 Desember 2023. Sebagai tenaga ahli di bidang IT di UPT PUSTIPAD UIN Alauddin Makassar, Ridwang telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan teknologi informasi.

Asep Indra Syahyadi S.Kom., M.Kom., Kepala UPT PUSTIPAD, menyatakan bahwa desertasi yang dihasilkan oleh Dr. Ir. Ridwang sangat bermanfaat bagi tuna rungu dan juga bagi khalayak umum dalam berkomunikasi dengan mereka. Saat ini, pencapaian Dr. Ir. Ridwang, S.Kom., M.T., memberikan harapan baru untuk pengembangan teknologi yang lebih inklusif dan berdampak positif bagi masyarakat.

Dengan prestasi gemilang ini, Dr. Ir. Ridwang, S.Kom., M.T., dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan. Keberhasilannya menyelesaikan program Doktor menjadikannya lulusan ke-20 dari program studi Teknik Elektro Universitas Hasanuddin yang berhasil meraih gelar tertinggi dalam bidangnya. Ini menjadi pencapaian luar biasa yang memberikan inspirasi bagi mahasiswa dan akademisi di UIN Alauddin Makassar